Computer

Duta Peduli Autis di SMP Negeri 255 Jakarta dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia

7:46 PMMuhammad Rizky

Kelas     : LH01
Dosen    : Ibu Hermawati
Waktu    : Senin, 31 November 2015
Pukul     : 08.00 - 11.00
Lokasi   : SMP Negeri 255 Jakarta
Jumlah siswa   : 80 Siswa
Hadir               : 80 siswa
Ketua               : Muhammad Rizky-1801427690
Anggota           : 1. Imam Prastio-1801423452
                           2. Fikri Fadillah Fahmi-1801447175
                           3. Adhitya Novriansyah-1801413483
                           4. Aditya Isnugraha-1801419606
                           5. Fandi-1801437193
                           6. M. Faisal Irsyadi-1801437911


Pada kesempatan kali ini kami Kelompok Tujuh akan menjelaskan tentang Peduli Autism dimana kami semua harus menjelaskan segala sesuatu yang berhubungan dengan Autism dan hubungannya dengan kita yang hidup saling berdampingan. Disini kami mengajarkan secara aktif mulai dari asal-usul dan penyebab dari autism sampai bagaimana sikap kita terhadap para pengidap Autism yang baik dan cara-cara penyembuhan yang dapat kita lakukan dari segi medis dan lingkungan.

Pada penyuluhan "Autism Is Not A Joke" kali ini kami mengunjungi SMP Negeri 255 Jakarta Timur. Seminggu sebelum diadakannya penyuluhan kami berkunjung di SMP Negeri 255 untuk survey tempat sekaligus melakukan perizinin. Perizinin ke SMP Negeri 255 Jakarta ini di urus dengan baik oleh Kelompok Kami Lewat IMAM PRASTIO dan FIKRI FADILAH FAHMI. Di SMP Negeri 255 Jakarta ini kami mendapatkan sambutan yang lebih baik dan lebih di hargai lagi oleh pihak sekolah khususnya Ibu Tiur selaku pihak yang mengurusi perizinan dengan kami. Saat Penyelenggaraan karena sedang di adakannya Try Out untuk para siswa kelas 3 nya, kami akhirnya dizinkan untuk melakukan penyeluhan terhadap semua siswa Kelas 2 yang seharusnya masuk siang. Terdapat 4 kelas yang mendapatkan tugas dari sekolah untuk mendengarkan penyuluhan dari kami. Tiap Kelas mengirimkan 20 siswa nya, sehingga total yang ada saat penyuluhan 80 orang.

Pada kesempatan ini kami diberikan ruangan AUDIO VISUAL sekolah mereka yang sangat luas dan bagus. Khususnya dari segi fasilitas yang sangat lengkap dan pelayanan yang sangat baik. Kami diberikan minum dan sangat di bantu dalam hal pelaksanaan penyuluhan. Para siswa yang mengikuti penyuluhan juga sangat aktif dan interaktif. Selain itu mereka sangat tertarik dengan tema yang kamu berikan yaitu tentang peduli para pengidap Autism.

Diantara mereka juga banyak yang memiliki sanak kerabat dan saudaranya yang mengidap AUTISM dan mengalami diskriminasi. Mereka juga aktif bertanya apda sesi tanya jawab dan memberikan asusmsi bahwa mereka dapat memahami apa yang kami sampaikan.

Di akhir acara, kami memberikan sticker untuk memotivasi para siswa supaya dapat memperjuangkan hak-hak teman kita yang mengidap autism. Dan dapat menjadi duta peduli AUTISM di sekolah mereka sendiri. Selain itu pada saat di ruang guru, guru-guru menyambut baik kami dan memberikan beberapa pertanyaan seputar AUTISM dan mereka seperti sedang konsultasi dan sangat ramah-ramah sekali.

Hal positif  dengan AUDIO VISUAL:
1. Sangat nyaman dan tenang untuk penyuluhan
2. Para siswa sangat aktif dan tertarik mendengarkan
3. Fasilitas yang sangat membantu
4. Luas ruangan dapat menampung banyak para siswa
5. Metode ini bisa membantu kami dalam pelaksanaan khususnya saat presentasi

Hal yang masih kurang baik:
1. Keterbatasan waktu kamii



Survey yanng dilakukan dalam 2 hal yaitu :
1.Survey Eksternal:
Melalui beberapa siswa dan guru. Mereka menyatakan bahwa kami semua sudah cukup paham dalam materi soal AUTISM. Selain itu mereka merasa bahwa kami sangat tenang dan serius dalam pelaksanaan khususnya saat presentasi materi tentang "AUTISM IS NOT A JOKE"

2.Survey Internal:
Kelompok kami semuanya aktif dan sangat bekerja sama. Khususnya dalam penyiapan materi dan hampir semua dari kami paham betul tentang AUTISM. Khususnya IMAM PRASTIO yang pernah kuliah kedokteran dan mengerti tentang apa penyebab daripada penyadit autism tersebut

Form Evaluasi:

Design Atribut Campaign:



Paragraph Penutup:
Hasil kegiatan :

Setelah selesai diadakannya sosialisasi penyuluhan ini, kami merasa mereka para siswa dan siswi yang hadir dalam acar menjadi lebih mengerti tentang apa itu autism, kenapa kita tidak boleh mengejek, dan apa yang perlu kita lakukan terhadap mereka, bagaimana sikap yang baik dan lain lain. Selain itu jika dilihat dari ke aktifan mereka pada saat pelaksanaan acara, bisa dibilang mereka benar-benar tertarik tentang materi yang di sampaikan. 

Sekolah ini sekolah terkahir kami untuk tugas CB:AGAMA dan kami sangat sedih karena tidak bisa melanjutkannya lagi, kami semua sangat senang bisa ikut sosialisai ini kami semua memang dari hati yang terdalam sangat suka dengan materi ini. Semoga kita semua bisa lebih baik lagi dan lebih memahami tentang AUTISM di negeri kita tercinta bahkan di dunia. Terlebih lagi di lingkungan tempat kita semua tinggal.Maju INDONESIA KU ! "AUTISM IS NOT AJOKE"


Perbaikan yang akan dilakukan di pertemuan selanjutnya:
1.Membagi waktu dengan kuliah supaya lebih santai dalam pelaksanaan
2.Memperbaiki isi materi yang disampaikan
3.Lebih menyiapkan atribut dan penampilan supaya lebih bagus lagi


Documentasi:
















  

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Contact Form