Adventure featured

Taman hutan Jayagiri Cikole

12:14 AMMuhammad Rizky


Ini Camping pertama yang akhirnya terwujud di antara banyak wacana yang gue dan teman - teman kampus bincang kan. Setelah melihat - lihat libur di kalender perkuliahan, akhirnya kita mutusin untuk pergi camping ke daerah lembang selama 3 hari 2 malam. Hari pertama kami putuskan memilih Taman Hutan Jayagiri untuk menghemat biaya yang kami keluarkan. Kemudian di hari kedua kami memutuskan untuk pindah dari Taman Hutan Jayagiri menuju Terminal Wisata Grafika Cikole. Perjalanan gue bersama 7 orang temen gue dimulai dari Kosan Sandang Jakarta Barat menuju Bandung menggunakan Mobil pribadi, karena mobil gue terbilang kecil untuk menampung barang bawaan terpaksa kami berangkat menunggunakan 2 mobil.

Dari arah Jakarta kami menuju Tol Cikampek -Tol Cipularang - Tol Purbaleunyi - Exit Tol Pasteur. Dari Exit Tol Pasteur ikuti petunjuk saja menuju kawasan Lembang Bandung. Karena biasanya kawasan Lembang Bandung terbilang cukup macet apalagi khususnya di hari weekend, kami mengandalkan google maps dan Waze untuk sampai kesana. Dengan melewati komplek dan beberapa perkampungan kami dapat menghidari macet di kawasan Lembang(Farm house - Floating Market- Dan lain lain). Disarankan jangan mengikuti daerah perkampungan ataupun jalan pintas di malam hari karena sangat sepi dan rawan akan kejahatan, lagian kalo malem kan gak terlalu macet juga.Oia, selain lewat bandung, ke Lembang juga bisa lewat jalur Subang.

Setelah ber jam-jam perjalanan kami, akhirnya kami tiba juga di Taman Hutan Jayagiri. Sesudah memakirkan kendaraan kami, kami mencari penjaga kawasan itu untuk menyewa tenda Dome untuk ukuran 4 orang, kami membawa 1 tenda sendiri dari rumah untuk 4 orang juga. Setelah nego harga akhirnya kami mendapatkan harga 250rb untuk 1 tenda dan kayu bakar 50rb yang jumlah nya cukup banyak. Setelah itu kami memilih spot untuk membangun tenda dengan berjalan kaki tidak terlalu jauh dari tempat parkir. Setelah menurunkan barang bawaan kami beristirahat dan makan siang.


Pada sore hari nya, beberapa dari kami turun untuk membeli makanan dan perlengkapan tambahan, namun hujan turun sangat deras. Beberapa dari kami yang masih di tenda menghubungi bahwa tenda kami semuanya bocor T.T. Setelah meminta bantuan penjaga di gerbang depan, akhirnya tenda kami di betulkan. Karena yang tertolong hanya satu tenda saja, terpaksa kami tidur 8 orang di tenda untuk 4 orang karena tenda kami yang satunya lagi sudah penuh air.
Pada malam hari nya setelah hujan reda, kami membuat api unggun dan membakar ayam yang sudah kami persiapkan. Menyalakan api unggun lumayan sulit karena kayu ayng kami beli terkena air hujan namun dengan bantuan orang dari tenda sebelah akhirnya dapat menyala hehe. Disini berasa banget persiapan yang kurang dari kita sendiri, maklum baru pertama kali. Untungnya kami tidak memilih spot terlalu jauh sehingga kami tidak terlalu khawatir dengan keamanan di wilayah tersebut. Karena pada malam hari benar- benar sepi hanya ada 2 kelompok yang mendirikan tenda di hari itu.


Keesokan harinya langit sangat cerah dan kami dapat bersantai menikmati indahnya pepohonan di Taman Hutan Jayagiri. 

Cost:
-Penyewaan Tenda beserta Matras 250rb
-Kayu Bakar 50rb
-Tiket Masuk Mobil
-Tiket Masuk perorangan 10rb/orang

Peralatan:
-Tenda
-Senter
-Kompor portable
-Makanan dan minuman
-Payung atau jas hujan

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Contact Form