Computer

How to Import & Export Data in SQL SERVER

10:05 PMMuhammad Rizky

Import dan Export data digunakan agar dapat menggunakan data yang dihasilkan oleh aplikasi lain. Kemampuan untuk mengimpor data sangat penting dalam aplikasi perangkat lunak karena itu berarti bahwa satu aplikasi dapat melengkapi yang lain. Banyak program, misalnya, dirancang untuk dapat mengimpor grafis dalam berbagai format. Kebalikan dari mengimpor adalah ekspor, yang mengacu pada kemampuan satu aplikasi agar dapat dipakai sesuai format data untuk aplikasi lain.

Cara Import Data Klik kanan di database klik Tasks, lalu klik Import Data.




Klik Next ketika Wizard muncul.


Setelah itu akan muncul kembali dialog wizard untuk Data Source. Data Source ini meminta kita memasukkan source dari data yang mau kita import. Sebagai contoh, disini saya menggunakan Microsoft Excell sebagai Data Source nya. Selain Microsoft Excell, kita juga bisa menggunakan SQL Server Native Client dan yang lainnya. Klik Drop Down Menu pada dialog Data Source. Setelah itu Klik Next.


Setelah itu Klik Browse dari Excel File Path dialog. Kemudian cari file Excel yang mau di import ke Database. Setelah itu Klik Next.


Setelah itu tentukan Destination dari file yang mau kita import. Pada Kotak Dialog Destination Klik pada Drop Down menu kemudian disini saya kasih contoh dengan SQL Server Native Client 11.0. Kemudian pilih ke Database mana File Tersebut akan di import. Contohnya ke Database INDBook yang ada di SQL Server yang saya punya. Kemudian Kliki Next kembali.


Jika ingin secara langsung meng-copy satau atau semua data table pilih radio button "Copy Data From one or more tables or views", sedangkan jika ingin men-spesifikasi secara lansung dengan menggunakan Query untuk memanipulasi atau restrict sumber data untuk copy operation dapat meng klik radio button "Write a query to specify data Transfer"

Setelah itu dapat memilih table apa saja yang dimau dan tentukan destination table dari table yang terdapat di data source . Nama dari MsMahasiswa sesuai dengan nama Sheet yang ada di File Excel yang saya gunakan menjadi data source.

Setelah usai tinggal meng-klik Finish, dan data dari table yang ada di File Data Source akan masuk ke dalam Database yang di jadikan Destination sebagai table

Cara Export Data Klik kanan di database klik Tasks, lalu klik Export Data.

Setelah itu akan muncul Wizard yang sama dengan import Data. Hanya saja, di export data nanti Data Source kita pilih dari Database atau Table yang kita mau. Begitu juga dengan Destination nya, kita bisa pilih sesuai yang kita mau, contohnya Destination nya ke Microsoft Excel.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Contact Form