Computer

Introduction to Database

8:51 PMMuhammad Rizky

http://www.esquaredatabase.com/
Introduction To Database

Database atau basis data merupakan bagian sangat penting dalam sebuah proses pengolahan data. Basis data adalah koleksi data yang saling berhubungan dan memiliki arti dan terorganisasi secara rapi. Data tersebut harus dapat diakses dengan urutan yang berbeda-beda secara logis dengan cara yang relatif mudah.  Suatu sistem basis data terdiri dari empat komponen yaitu data, yang secara fisik menyimpan informasi-informasi, Database Management System (DBMS) yaitu software yang mengelola basis data, Data Definition language (DDL) dan Data Manipulation Language (DML) yaitu basis data yang berfungsi untuk mendeskripsikan data ke database management system (DBMS) dan juga member fasilitas untuk melakukan perubahan, pemeliharaan, dan pengelolaan basis data, dan program aplikasi yang memudahkan pengguna akhir untuk menggunakan data dan mendapatkannya sebagai informasi yang sesuai.

Introduction To Sql Server

Microsoft SQL Server adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang dirancang untuk dapat berjalan pada platform mulai dari laptop hingga server multiprosesor besar. SQL Server biasanya digunakan sebagai sistem backend untuk website dan CRMS perusahaan dan dapat membantu ribuan pengguna secara bersamaan. SQL Server hadir dengan sejumlah alat untuk membantu administrasi database dan tugas-tugas pemrograman. SQL Server jauh lebih kuat dan terukur daripada sistem manajemen database desktop seperti Microsoft Access. Penggunaan Access sebagai database pada website umumnya menghasilkan error yang lebih banyak dibanding SQL Server. Meskipun SQL Server juga dapat dijalankan sebagai sebuah sistem database desktop, SQL Server paling sering digunakan sebagai sistem database server.

Server Database System (Server berbasis sistem database) Server berbasis sistem database merupakan database yang dirancang untuk berjalan pada server pusat, sehingga beberapa pengguna dapat mengakses data yang sama secara bersamaan. Para pengguna biasanya mengakses database melalui aplikasi. Sebagai contoh, sebuah website dapat menyimpan semua konten di database. Setiap kali sebuah artikel dibaca pengunjung, mereka mengambil data dari database. Seperti yang Anda ketahui, situs web biasanya tidak terbatas hanya pada satu pengguna. Jadi, pada suatu saat tertentu, sebuah website bisa melayani sampai ratusan, atau bahkan ribuan artikel untuk pengunjung website. Pada saat yang sama, pengguna lain dapat memperbarui profil pribadi mereka pada menu anggota, atau berlangganan newsletter, atau apapun yang pengguna situs web lakukan

Sumber: Diktat Basic Database Binus University

You Might Also Like

2 comments

Popular Posts

Contact Form